fbpx

Mengenal Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) Akibat Saraf Kejepit

Saraf kejepit adalah kondisi dimana terjadinya tekanan berlebih pada saraf akibat jaringan disekitarnya seperti tulang, tulang rawan & otot menekan saraf. Gangguan saraf ini dapat terjadi di seluruh bagian tubuh seperti pergelangan tangan dan tulang belakang. Umumnya penyakit ini terjadi di tulang punggung bagian bawah serta leher akibat pergeseran bantalan tulang belakang yang menjepit saraf.

Saraf kejepit dapat menimbulkan rasa nyeri hebat saat dalam posisi tertentu seperti berdiri terlalu lama, membungkuk, bahkan saat tidur terlentang juga dapat menimbulkan rasa nyeri di area punggung bawah yang bermasalah. Karena rasa nyeri yang dirasakan spesifik berada di punggung bawah maka ini sering juga disebut sebagai low back pain.

Baca Juga: Jenis, Penyebab dan Metode Pengobatan Leukimia

Keluhan akan saraf kejepit bisa mereda sendirinya, dan bisa dibantu dengan fisioterapi dan olahraga renang. Namun jika keluhan semakin parah maka perlu ada pertolongan lebih lanjut.

Gejala Saraf Kejepit

  • Kesemutan
  • Kebas
  • Mati rasa dan sulit menggerakan kaki
  • Pelemahan otot
  • Nyeri yang tajam seperti terbakar

Gejala-gejala ini konsisten akan dirasakan secara berkala, dari perasaan yang ringan hingga perlahan menjadi rasa nyeri yang tajam dan berlangsung selama beberapa hari sampai tak kunjung sembuh walau sudah beristirahat. Segera periksakan diri ke dokter untuk melakukan pemeriksaan dan dapat tertangani secara langsung.

Penyebab Saraf Kejepit

Pada Tulang belakang di area punggung bawah dapat terjadi karena Herniasi Diskus atau kondisi karena bantalan tulang belakang yang bergeser dan menekan atau menjepit saraf sehingga menimbulkan rasa kesemutan hingga nyeri di area punggung bawah.

Terjadinya penggeseran bantalan tulang belakang ini bisa terjadi karena trauma berat, trauma ringan yang terjadi berulang kali, penebalan ligamen serta bertambahnya usia.

Menurut data statistik di Amerika Serikat menunjukkan bahwa angka kejadian nyeri punggung bawah berkisar antara 15-20% per tahun dan sebanyak 90% kasus nyeri punggung bawah tidak hanya disebabkan oleh kelainan organik, melainkan juga oleh kesalahan posisi tubuh dalam bekerja. Melihat data tersebut maka posisi tubuh yang berada dalam suatu kondisi tertentu dalam waktu yang lama turut menyebabkan terjadinya saraf kejepit dan menyimbulkan rasa nyeri pada punggung bawah.

Penanganan Saraf Kejepit

Untuk menangani rasa nyeri akibat saraf kejepit maka mengurangi aktivitas pada bagian tubuh  yang terpengaruh sangatlah penting, disertai dengan konsultasi dengan dokter terkait untuk membantu proses penyembuhan lebih maksimal.

Baca Juga: Operasi Saraf Kejepit ArthroSpine 1.5cm, Mandaya NeuroSpine Center

Salah satu penanganan saraf kejepit pada area tulang belakang dapat dilakukan dengan tindakan Arthrospine. Ini merupakan operasi minim sayatan yang tidak meninggalkan bekas luka lebih dari 2 cm. Tindakan Arthrospine tidak hanya minim sayatan, melainkan minim rasa nyeri pasca operasi. Bahkan beberapa kesaksian pasien secara langsung juga menyampaikan bahwa pasca operasi mereka sudah bisa kembali berjalan dengan normal tanpa mengalami rasa nyeri sama sekali.

Untuk konsultasi dan informasi jadwal dokter dapat menghubungi customer service kami di nomor 0811-1902-2021 atau klik link dibawah ini.

Leave a Reply

Please rate*

Your email address will not be published. Required fields are marked *