fbpx

Aritmia Jantung: Kenali Penyebab dan Gejalanya, Dapatkan Pengobatan di Pusat Jantung Mandaya

Apakah Anda pernah merasakan jantung berdebar-debar secara tidak teratur? Jika iya, bisa jadi kamu mengalami aritmia jantung. Aritmia jantung adalah kondisi di mana detak jantung tidak teratur atau tidak normal. Aritmia jantung bisa terjadi pada siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, dan pada segala usia. Pusat Jantung Mandaya hadir untuk memberikan pengobatan dan penanganan aritmia jantung yang didukung teknologi terkini dan dokter spesialis jantung konsultan aritmia yang berpengalaman menangani ratusan pasien aritmia.

Baca Juga : Profil Dokter Spesialis Jantung Konsultan Aritmia dr. Dony Yugo Hermanto, SpJP(K), FIHA

Pada kebanyakan kasus, aritmia jantung tidak membahayakan dan tidak memerlukan pengobatan. Namun, jika aritmia jantung terus berlanjut, bisa jadi akan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, stroke, atau gagal jantung. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab, gejala, pencegahan, dan pengobatan aritmia jantung dengan tepat.

Gejala Aritmia Jantung

Beberapa gejala yang biasa muncul pada aritmia jantung, di antaranya:

  1. Jantung berdebar-debar atau berdetak terlalu lambat
  2. Sensasi jantung berhenti sejenak atau “lompat”
  3. Sesak napas atau sulit bernapas
  4. Pusing atau merasa lemah
  5. Nyeri dada atau ketidaknyamanan di dada

Apa Saja Diagnosa Aritmia Jantung?

Diagnosis aritmia jantung melibatkan beberapa langkah, seperti:

  1. Elektrokardiogram (EKG): adalah tes yang dilakukan untuk merekam aktivitas listrik jantung. Tes ini dapat membantu dokter mengidentifikasi jenis aritmia jantung yang dialami.
  2. Monitor Holter: Monitor Holter adalah alat yang digunakan untuk merekam aktivitas listrik jantung selama 24 jam atau lebih. Tes ini dapat membantu dokter mengidentifikasi aritmia jantung yang terjadi pada saat tertentu selama periode pemantauan.
  3. Ekokardiogram:  adalah tes yang dilakukan untuk memeriksa struktur dan fungsi jantung dengan menggunakan gelombang suara. Tes ini dapat membantu dokter mengevaluasi kerusakan atau kelainan pada jantung yang dapat menyebabkan aritmia.
  4. Treadmill jantung: adalah tes diagnostik yang digunakan untuk memeriksa kesehatan jantung seseorang. Tes ini melibatkan penggunaan treadmill atau alat pelari yang dapat diatur kecepatannya dan kemiringannya, serta alat pemantau jantung yang terhubung ke tubuh pasien.

Pengobatan Aritmia Jantung di Pusat Jantung Mandaya

Ablasi jantung

Prosedur medis yang bertujuan untuk memusnahkan jaringan jantung yang tidak normal dan memperbaiki detak jantung yang tidak normal.  Sebelum di ablasi jantung akan dilakukan pemetaan secara 3 dimensi yang melibatkan penggunaan kateter dimasukkan melalui pembuluh darah pangkal paha dan mencapai jantung, hanya anastesi lokal tampa pembedahan terbuka.  Setelah terpeta dengan jelas dokter spesialis jantung konsultan aritmia akan dengan mudah menemukan titik listrik jantung yang bermasalah  dan dokter akan melanjutkan proses ablasi jantung, yaitu pemadaman pada generator listrik jantung. Setelah jaringan otot jantung yang rusak atau tidak normal dihancurkan atau dimatikan, sinyal listrik dalam jantung dapat berjalan dengan ritme yang normal. Dengan demikian, ablasi jantung dapat membantu mengurangi atau menghilangkan gejala aritmia.

Baca Juga : Mengenal Aritmia Jantung, Gangguan Sistem Kelistrikan Jantung yang Membuat Berdetak Terlalu Cepat dan Lambat

dr donny yugo ablasi jantung atasi aritmia jantung

dokter Donny Yugo, Sp,JP (K) FIHA  melakukan tindakan 3D ablasi jantung 

Pacemaker

Prosedur medis yang bertujuan untuk membantu mempertahankan detak jantung normal. Alat ini bekerja dengan cara mengirimkan sinyal listrik ke jantung untuk memperbaiki detak jantung yang tidak normal. Pemasangan alat ini dilakukan oleh dokter spesialis jantung dan memerlukan pengawasan dan perawatan yang ketat.

Lokasi pemasangan alat pacu jantung

 

Aritmia jantung adalah kondisi di mana detak jantung tidak teratur atau tidak normal. Jika Anda mengalami gejala aritmia jantung, segera berkonsultasi dengan dokter di Pusat Jantung Mandaya untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Selain itu, melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat juga sangat penting untuk mencegah terjadinya aritmia jantung.

Untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung konsultan aritmia kami yakni dokter Donny Yugo, Sp,JP (K) FIHA , silakan hubungi Mandaya Health Navigator kami di nomor 0811-1902-2020 atau klik tombol dibawah ini untuk langsung terhubung dengan Whatsappa Anda!

Reviews

Overall
Rating:(average: 5 out of 5. Total: 1)

1 Reviews Comments

  • (5/5)

    Reviewed on Apr 10, 2023

    Nak tahu punca diabetes semasa hamil? Anda baca artikel yang tepat, jadi teruskan membaca!

Leave a Reply

Please rate*

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp
We usually reply in a few minutes