fbpx

Heart & Vascular Center

Kenapa Memilih Mandaya?

Sebagai salah satu Advanced Center dari Mandaya Royal Hospital Puri, Mandaya Heart & Vascular Center dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai pusat rujukan penanganan Jantung dan pembuluh darah.

Dengan peralatan medis lengkap dan didukung oleh tim medis dan penunjang yang berpengalaman, Mandaya Heart & Vascular Center memberikan pelayanan jantung terintegrasi. 14 Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah yang masing-masing memiliki keahlian khusus akan menangani Anda dalam satu tim. Pemeriksaan Jantung secara komprehensif akan dilakukan untuk mendapatkan akar dari masalah kesehatan jantung Anda, selanjutnya Anda akan diarahkan ke Tim Dokter Subspesialis Jantung dan Pembuluh Darah untuk penanganan lanjutan yang lebih spesifik.

Heart & Vascular Team Keahlian Khusus

Kardiologi Klinik
Kardiologi pencitraan
Kardiologi Intervensi
Intervensi Jantung Struktural
Kardiologi Intervensi Perifer
Intervensional Ekokardiografi
Kardiologidan Intervensi Penyakit Jantung BawaanAnak dan Dewasa
Elektrofisiologi & Pacu Jantung
Bedah Jantung Anak & Dewasa
CABG/ Bypass Koroner
Bedah Aorta (Open & Endovascular Aortic Repair) dan Vaskular
Bedah PenyakitJantung Bawaan
Operasi Perbaikan/Penggantian katup jantung

OUTSTANDING PATIENT AND FAMILY EXPERIENCE

Kami menyadari bahwa setiap pasien memiliki kebutuhan dan ekspektasi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan pengalaman pasien dan keluarganya harus didasarkan pada perawatan yang dipersonalisasi dan menempatkan pasien ditengah tengah setiap Langkah perjalanan penyembuhan mereka.

ApaItupatient-centered Care?

Dalam Patient-Centered Care (Pelayanan Yang Berpusat Pada Pasien), kebutuhan medis & non-medis pasien dan hasil penyembuhan yang diharapkan adalah factor utama dalam semua keputusan perawatan Kesehatan pasien.

Oleh karena itu, kami selalu memperlakukan pasien dan keluarganya sebagai partner kami dalam membuat keputusan, dan kami memberikan perawatan bukan hanya dari sudut pandang medis, tetapi juga mempertimbangkan kebutuhan emosional, mental, spiritual, social dan finansial pasien dan keluarganya.

“At Mandaya Royal Hospital Puri, we place patients and their family at the center of everything that we do.”

Diagnosis & Pengobatan

Diagnosis yang tepat adalah kunci dari pada pengobatan yang optimal.

Advanced Medicine
Made Personal

Diagnostik Non-Invasif

Cardiac MRI

Pemeriksaan Cardiac MRI adalah pemeriksaan jantung non-invasif tahap lanjuttan paradiasi. Mandaya Royal Hospital Puri memiliki MRI dengan teknologi Compressed Sense yang dapat menghasilkan gambar hingga 50% lebih cepat dan kualitas gambar hingga 60% lebih baik.

Cardiac MRI dapat dilakukan dengan atau tanpa kontras dan juga dengan atau tanpa uji beban jantung (stresstest), sesuai dengan kondisi pasien. Cardiac MRI digunakan untuk menegakkan diagnosis penyakit, mencari penyebab, klasifikasi derajat keparahan dan sebagai panduan strategi tindakan yang akan dilakukan selanjutnya.

Cardiac MRI dianjurkan untuk:

  • Penyakit jantung koroner (penyumbatan koroner): iskemia dan viabilitas
  • Gagal jantung & kardiomiopati (kelainan otot jantung): paskainfark, HCM, DCM, ARVC, LVNC, dll.
  • Miokarditis (peradangan otot jantung)
  • Perikarditis (peradangan selaput jantung)
  • Aritmia (gangguan irama)
  • Tumor jantung
  • Penyakit jantung bawaan
  • Penyakit jantung katup
  • Penyakit pembuluh aorta

Cardiac Spectral CT-Scan

CT scan jantung dapat memberikan informasi mengenai anatomi jantung dengan sangat detil. CT scan di Mandaya Royal Hospital Puri dilengkapi dengan teknologi spectral scan sehingga dapat memvisualisasi struktur lebih baik dari pada CT scan konvensional.

Pemeriksaan ini seringkali digunakan untuk menilai patensiarteri koroner (apakah ada penyumbatan koroner atau tidak), baik yang sifatnya skrining awal dengan calcium score (menilai banyaknya kalsifikasi pada arterikoroner) hingga CT koroner dengan kontras (menilai derajat keparahan penyumbatan arterikoroner).

CT scan juga dapat digunakan pada penyakit jantung bawaan, penyakit pembuluh aorta, penyakit pembuluh paru dan penyakit pembuluh perifer. Selain itu, CT scan dapat digunakan sebagai panduan dalam tindakan seperti: ablasiaritmia, pemasangan stent pada sumbatan total koroner yang kronik, pemasangan TAVI, pemasangan alat penutup LAA, tindakan koreksi penyakit jantung bawaan dan penyakit aorta.

Echocardiography & Ultrasound

2D & 3D Echocardiography

Echocardiografi menggunakan gelombang ultra sound untuk membuat gambar jantung. Alat ini memungkinkan dokter spesialis jantung untuk mengamati ukuran dan fungsi semua ruang jantung, mengevaluasi katup dan mendeteksi kelainan otot jantung.

Dengan alat Echocardiography advanced di Mandaya Royal Hospital Puri, Tim Diagnostik Non Invasif & Pencitraan Kardiovaskular dapat melakukan 2D & 3D Transthoracic Echocardiography maupun 2D & 3D Transesophageal Echocardiography dengan hasil gambar yang lebih jelas.

Layanan Echocardiography:

  • Trans-esophageal echocardiography:
    • Interventional echocardiography
    • Echocardiography in emergency/critical ill patients
    • 3D echocardiography
  • Stress echocardiography:
    • Exercise Stress Echo
    • Pharmacological Stress Echo
  • Advanced transthoracic echocardiography
    • 3D echocardiography
    • Cardiac Mechanic Evaluation
    • Echocardiography in emergency/critical ill patients
    • Interventional echocardiography
    • Echocardiography for Cardiac Resynchronizing Therapy

Ultrasound Vaskular & Karotis

Metode ultrasound non-invasif ini digunakan untuk memeriksa sirkulasi darah dilengan & kaki, dan arterikarotis.

Stress Test

Stress test dapat membantu mendeteksi penurunan kondisi jantung yang hanya terlihat ketika jantung mendapat beban. Pasien berjalan diatas mesin treadmill dengan kecepatan yang sedikit demi sedikit ditingkatkan. Padasaat yang bersamaan, Elektrokardiogram, tekanan darah, dan detak jantung pasien di pantau secara ketat.

Uji stress dengan obat seperti dobutamine stress echo, tilt table test, ajmaline test/flecainide provocation test juga dapat dilakukan untuk kondisi jantung tertentu.

Cardiac Nuclear Medicine

Cardiac Nuclear di Mandaya Royal Hospital Puri dengan single-photon emission computed tomography (SPECT) menggunakan radioisotop. Pemeriksaan Cardiac Nuclear dapat dilakukan dengan atau tanpa uji beban jantung (stresstest). Perfusi miokardium untuk menilai stress-induced ischemia menggunakan stress test. Sedangkan perfusi miokardium saat istirahat dapat digunakan untuk menilai viabilitas miokardium. Cardiac Nuclear biasanya digunakan untuk menilai derajat iskemia dan viabilitas pada penyakit jantung koroner sehingga dapat memberikan panduan mngenai tindakan penatalaksanaan selanjutnya.

Catheterization Laboratory (Cathlab) dengan
Intravascular Ultrasound (IVUS) dan Teknologi
IFR

Cathlab digunakan untuk melakukan pemeriksaan invasif dan prosedur jantung lanjutan untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit jantung dan pembulh darah. Cathlab di Mandaya Royal Hospital Puri dilengkapi dengan teknologi pencitraan mutakhir seperti Stent Boost Live, Dynamic coronary roadmap, dan teknologi IVUS & IFR.

IVUS & IFR

IVUS adalah tes tambahan dari angiografi cathlab yang sangat berguna untuk melihat detil pembuluh darah, ukuran, distribusi dan komposisi dari plak penyumbatan yang biasanya tidak terlihat jelas dengan angiografi.

Ditambah dengan teknologi IFR yang merupakan alat diagnostik tambahan untuk mengukur apakah penyempitan pembuluh darah berefek pada penurunan alian darah yang signifikan. Informasi tersebut akan membantu dokter dalam memutuskan apakah pemasangan stent benar-benar diperlukan pasien.

Tindakan di Cathlab

Tim Catheterlab Mandaya Royal Hospital Puri menyediakan layanan on-call 24 jam setiap hari untuk menangani kasus kegawatdaruratan jantung seperti tindakan primary PCI untuk kasus serangan jantung.

Angiografi Koroner

Pemeriksaan medis yang dilakukan untuk mengamati pembuluh darah jantung dengan menggunakan teknologi pencitraan sinar-X dan penyuntikan zat kontras kepembuluh darah jantung. Prosedur ini berguna untuk menentukan apakah terdapat penyumbatan atau penyempitan arteri dan disarankan untuk pasien yang memiliki gejala nyeri dada/rahang/lengan, penyakit jantung bawaan, gagal jantung, dll.

Intervensi Koroner

Intervensi Koroner (Percutaneous Coronary Intervention/PCI) adalah tindakan minimal invasif, di Cathlab, untuk membuka artericoroner yang menyempit atau terhalang oleh penumpukan plakateroskelorsis.

Electrophysiology Study & Ablasi (2D & 3D)

Electrophysiology Study adalah tes untuk menganalisis apakah ada masalah irama denyut jantung (aritmia). Tindakan Ablasi (2D dan 3D) dapat memperbaiki area jantung yang menyebabkan masalah pada irama jantung. Hasilnya, irama jantung pasien akan pulih tanpa harus minum obat aritmia lagi.

Pemasangan pacu jantung permanen (cardiac pacemaker), Implantable Cardioverter Defibrilator (ICD), Cardiac Resynchronization Therapy (CRT), dan Implantable Loop Recorder, dapat membantu pasien dengan kelainan irama jantung yang lambat hingga pasien gagal jantung atau pasien dengan resiko tinggi henti jantung mendadak.

Tindakan di Cathlab

Intervensi Penyakit Jantung Bawaan

Tindakan kateterisasi diagnostic maupun terapeutik pada pasien Jantung bawaan sejak bayi sampai usia dewasa. Tindakan intervensi pada penyakit Jantung bawaan kritis seperti BAS dan stent PDA, atau penutupan defek ASD, VSD, PDA, serta intervensi balon pada penyempitan katup, embolisasi, dll.

Tindakan Diagnostik & Intervensi Vaskular

Tesinvasif yang digunakan untuk memvisualisasikan pembuluh darah diluar jantung. Mulai dari pembuluh darah aorta dan pembuluh darah dileher, ekstrimitas atas dan bawah, thorakal dan abdomen. Prosedur ini memerlukan penyuntikan zat warna khusus melalui kateter, dimana akan terlihat aliran zat kontras melalui pembuluh darah pada video sinar-X, sehingga penyumbatan diarteri dan vena dapat dideteksi secara rinci. Penyumbatan arteri dan vena dapat ditata laksana secara non Bedah dengan prosedur endovascular/perkutan.

Tindakan Thoracic Endovaskular AorticRepair (TEVAR/EVAR)

Merupakan pemasangan stent dipembuluh darah aorta thoracal ataua bdominal secara endovaskular untuk mengatasi kelainan pelebaran aorta (aneurisma), sobekan aorta (diseksi aorta) dan kelainan aorta lainnya. Tindakan dapat dilakukan dengan durasi lebih singkat, pasien dapat cepat pulih dan risiko tindakan lebih rendah dibandingkan dengan tindakan bedah/surgical.

Ablasi Vena Superfisial/Varises

Varises pada vena ekstrimitas bawah dapat diatasi dengan tindakan minimal invasive menggunakan alat laser, skleroterapi atau glue. Paska tindakan pasien dapat mobilisasi lebih cepat, tanpa luka post operasi yang bermakna.

Ruang Operasi Jantung

TEKNOLOGI MODERN UNTUK BEDAH JANTUNG
ANAK & DEWASA

Heart Lung Machine | Intra-aortic Balloon Pump | Advanced Hemodynamic Monitoring | Advanced Transesophageal Echocardiography | Complete Adult & Pediatric Cardiac Instruments

Ruang Operasi Jantung

Ruang Operasi Bedah Jantung di Mandaya Royal Hospital Puri dilengkapi dengan Heart Lung Machine, Hemo dynamic Monitoring dan Peralatan lainnya untuk mendukung Dokter Spesialis Bedah Thorax, Kardiak & Vaskular dan Dokter Anestesi Subspesialisasi Kardiak & Vaskular untuk melakukan prosedur operasi yang komplex.

Tim Ruang Operasi menyediakan layanan 24 jam setiap hari yang siap untuk menangani kasus kegawat daruratan bedah thorax, kardiak & vascular.

Bedah Kardiak & Vaskular Dewasa

  • Bedah Jantung Dewasa
  • CABG/Bypass Jantung
  • Operasi Perbaikan/Penggantian Katup Jantung
  • Operasi Aorta (Bentall Procedure, Hemi/Total Arch Replacement, Abdominal Aortic Aneurysm Repair, Endovascular Aortic Repair)
  • Operasi Pengangkatan Myxoma (Tumor Jantung)
  • Operasi ASD/VSD (Jantung Bocor)
  • Operasi Bypass Pembuluh Darah Tepi(Tungkai/Lengan)

Bedah Kardiak & Vaskular Anak & Penyakit Jantung Bawaan

  • Bedah Jantung Anak Komplex
  • Bedah Katup Jantung Anak
  • Bedah Kelainan Jantung BawaanDewasa

Cardiac HCU & ICU

1Pasien1 Ruang

HCU &ICU untuk pasien jantung paska tindakan atau operasi yang dilengkapi dengan fasilitas keluarga yang nyaman seperti private family waiting corridor dan SleepHub Hotel dilantai yang sama.

Koridor Tunggu Private untuk Keluarga

Heart-&-Vascular-Team-Group-Profile-website-45

Sleep HubHotel di Lantai ICU

Heart-&-Vascular-Team-Group-Profile-website-46

Kamar Hotel @SleepHub

Klinik Jantung

Terintegrasi

Registrasi | Konsultasi | Diagnostik | Farmasi | Kasir

Cluster Klinik Rawat Jalan

IGD

1 Pasien1 Ruang

Smart Ambulans Jantung

Smart Ambulans
Jantung
Live Telemonitoring | Minilab | Cloud ECG

Ruang Pasien IGD – 1 Pasien 1 Ruang Private

Heart-&-Vascular-Team-Group-Profile-website-50

Hydrotherapy Pool

Cardiac Medical Rehabilitation

Tim Medical Fitness & Rehabilitation Center meliputi Dokter Spesialis Kedokteran Fisik & Rehabilitasi dan timfisioterapis. Cardiac Medical Rehabilitation mempunyai program khusus untuk pasien yang baru pulih dari serangan jantung, tindakan/operasi Jantung, dan rehabilitasi sesudah perawatan Jantung lainnya.

Program rehabilitasi jantung meliputi latihan fisik dan edukasi mengenai perubahan gaya hidup.

Dengan peralatan lengkap yang muktahir, terapi rehabilitasi dapat dimulai dari saat pasien dirawat inap atau di ICU sampai setelah pulang dari rumah sakit.

Kamar Rawat Inap

Recover in Comfort

Heart-&-Vascular-Team-Group-Profile-website-56

MANDAYA ROYAL HOSPITAL PURI

Heart-&-Vascular-Team-Group-Profile-website-57

MANDAYA ROYAL HOSPITAL PURI

Wellequipped for greater comfort

Kamar Rawat Inap di Mandaya Royal Hospital Puri mengutamakan kenyamanan untuk pasien dan keluarga. Dari kamar kelas 3 sampai dengan kamar VIP dan Mandaya Royal Suite, Anda dapat beristirahat dengan fasilitas yang lengkap.

Collaborative Expert Review

Mandaya Royal Hospital Puri berpartner dengan institusi kesehatan internasional:

  • The Clinic by Cleveland Clinic, USA. Cleveland Clinic merupakan rumah sakit #2 terbaik didunia menurut News week World’s Best Hospitals 2021.
  • Royal Brompton & Harefield Hospitals, LondonUK– Rumah sakit pusat jantung terbesar di UK dan top10 didunia menurut Newsweek.

Dengan layanan Expert Collaborative Review antara Mandaya Royal Hospital Puri dan rumahsakit partner, kasus-kasus pasien yang kompleks dapat didiskusikan secara multi disiplin dengan tim dokter spesialis dari Cleveland Clinic atau Royal Brompton & Harefield Hospital. Hal ini untuk memastikan diagnosis yang paling tepat dan rencana pengobatan yang terbaik untuk pasien.

In-patient-rooms-for-Web-110
loby rs mewah mandaya jakarta

UNTUK INFO LEBIH LANJUT MENGENAI LAYANAN JANTUNG DAN PEMBULUH DARAH

CONTACT CENTER
021-5092 8888 | 0811 1900 2000 (WA text only)