fbpx

Kenali Kelainan Katup Mitral Jantung yang Bocor atau Rusak

Perbaikan mitral katup jantung melalui operasi merupakan solusi terapi yang efektif untuk mengatasi kelainan pada katup jantung. Kelainan ini dapat mempengaruhi kemampuan jantung dalam memompa darah dan dapat berupa kebocoran atau penyempitan katup. Pengobatan dengan obat saja tidak akan cukup untuk mengatasi kerusakan pada katup yang sudah parah.

Katup Mitral Jantung Normal

Untuk memahami lebih mudah mengenai kerusakan pada katup jantung, gambaran fungsi katup jantung yang normal dapat dijelaskan sebagai berikut.

Katup mitral jantung normal

Ketika darah dipompa dari ventrikel kiri menuju aorta, katup aorta akan membuka dengan baik untuk memungkinkan aliran darah mengalir ke seluruh tubuh. Sementara itu, katup mitral akan menutup dengan baik untuk mencegah darah mengalir kembali ke ruang jantung sebelumnya, yaitu atrium kiri. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa darah mengalir hanya ke arah yang seharusnya dan tidak terjadi kebocoran pada katup jantung.

Kelainan Katup Mitral Jantung  

Kelainan pada katup jantung dapat terdiri dari beberapa jenis yaitu:

Katup Jantung Bocor (Valve Regurgitation)

Ketika katup jantung bocor, darah akan mengalir mundur ke arah yang salah. Ini terjadi karena katup jantung tidak mampu menutup dengan baik sehingga darah kembali mengalir ke ruang jantung sebelumnya. Ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kelelahan dan gejala-gejala lain.

Katup mitral jantung bocor

Katup Mitral Jantung Sempit dan Kaku (Valve Stenosis)

Pada kasus valve stenosis, katup jantung menjadi sempit atau kaku sehingga menghalangi aliran darah keluar dari jantung. Hal ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah keluar, dan juga dapat menyebabkan penumpukan darah di sebelah kanan atau kiri jantung.

Katup jantung sempit dan kaku

Prolaps mitral

Kelainan ini terjadi ketika salah satu atau kedua daun katup mitral menonjol ke dalam atrium kiri ketika katup seharusnya ditutup. Hal ini dapat disebabkan oleh kelainan pada otot atau jaringan ikat pada daun katup mitral.

Endokarditis

Ini adalah infeksi pada katup mitral atau jaringan di sekitarnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada katup mitral.

Empat jenis kelainan katup jantung tersebut dapat mempengaruhi kemampuan jantung untuk memompa darah dengan efektif. Pengobatan dapat melibatkan perbaikan atau penggantian katup jantung yang rusak melalui operasi, terapi obat, atau kombinasi dari keduanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai untuk kelainan katup jantung agar dapat mencegah terjadinya komplikasi serius pada jantung dan tubuh.

Baca Juga : Pusat Bedah Jantung Mandaya Lakukan Operasi Perbaikan Katup Mitral Jantung oleh dr Bagus Herlambang

 

=======

Untuk berkonsultasi dengan dokter bedah jantung kami, silakan hubungi Mandaya Health Navigator kami di nomor 0811-1902-2020 atau klik tombol dibawah ini untuk langsung terhubung dengan Whatsappa Anda!

Leave a Reply

Please rate*

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp
We usually reply in a few minutes